Panduan Lengkap Konfigurasi Safe Exam Browser dengan Zoom

0
186

Berikut adalah panduan untuk menginstal Safe Exam Browser (SEB) pada komputer Mac atau Windows sehingga aplikasi Zoom tetap dapat berjalan.

  1. Download Safe Exam Browser (SEB) dari situs resmi di https://safeexambrowser.org/. Pilih versi yang sesuai dengan sistem operasi komputer Anda.
  2. Setelah mengunduh, buka file installer SEB dan ikuti petunjuk untuk menginstal aplikasi.
  3. Setelah selesai menginstal, buka aplikasi SEB. Anda akan melihat jendela utama SEB dengan beberapa opsi konfigurasi.

Berikut adalah tampilan file konfigurasi setelah melakukan instalasi Safe Exam Browser.

Contoh di atas menggunakan file yang sudah saya konfigurasi.

Berikut adalah beberapa penjelasan mengenai bagian config file:

  1. Bagian Use SEB Setting file for merupakan pengaturan apakah setting file untuk konfigurasi atau menjalankan exam. Saya pilih Exam untuk diberikan langsung ke mahasiswa.
  2. Setting Password digunakan untuk memasukkan password yang bisa diberikan kepada mahasiswa, bukan untuk membuka konfigurasi

Bagian General

Berikut adalah penjelasannya:

  1. Start url: merupakan pengaturan URL yang akan muncul ketika SEB dijalankan oleh mahasiswa. Saya sarankan menggunakan URL Shortener seperti s.id agar bisa mengganti link utama sesuai keinginan.
  2. Administrator password: password untuk admin, mengubah pengaturan. Jangan biarkan mahasiswa tahu password ini.
  3. Quit Unlock Password: password untuk keluar.

Bagian User Interface

Setting ini akan membantu kita menentukan bagaimana tampilan layar pada saat SEB dijalankan. Ada beberapa opsi yang bisa digunakan antara lain:

  1. Browser user mode: saya biasanya menggunakan use full screen mode.
  2. untuk taskbar/dock/side menu, saya mengaktifkan beberapa menu, seperti show wifi yang berguna jika user mengalami gangguan internet, show time, show reload button, dan lain sebagainya.
  3. Enable zoom seandainya ada berkas gambar dalam soal yang perlu diperbesar.

Bagian Browser

Bagian ini menunjukkkan beberapa pengaturan tentang browser yang digunakan oleh SEB.

  1. Links requesting to be opened in a new browser window: saya biasanya menggunakan open in same windows. tujuannya agar pengguna tidak menggunakan tab lain.
  2. restriction in Exam Windows: saya memperbolehkan untuk reload. in case ada kendala, bisa reload. tapi kadang jarang ada kendala.
  3. lainnya seperti yang ada pada gambar, misal tidak adanya toolbar pada PDF reader, dst.

Bagian Exam

Bagian ini tidak banyak diubah, kecuali pada bagian LInk to quit SEB after Exam. Ini bisa diganti sesuai keinginan, misalkan ketika menggunakan google form, maka link yang ada di google form (logo google form) bisa digunakan. Seandainya ada yang menggunakan itu, bisa langsung diarahkan untuk keluar. Bisa juga menggunakan https://google.com, jadi ketika ada yang mencoba klik alamat google.com, maka akan dikeluarkan oleh SEB. Tapi sepertinya tidak direkomendasikan, karena bisa jadi mahasiswa keluar masuk dan mengisi jawaban setelah mampu keluar dan masuk.

Bagian Application

Pada bagian ini, kita bisa mengatur aplikasi apa saja yang bisa dijalankan saat menjalankan SEB. Berikut adalah konfiguras agar Zoom bisa dijalankan, baik itu menggunakan MacOS maupun Windows.

Pada MacOS:

  1. Tittle: zoom.us
  2. Executable: zoom.us.app
  3. Path: /Applications/

Pada Windows (sesuai Screenshot di atas):

  1. Tittle: zoom
  2. Executable: zoom.exe
  3. Original name: Zoom
  4. path: %appdata%\Zoom\bin

Konfigurasi lainnya, centang pada beberapa pengaturan seperti icon in taskbar (ga banyak gunanya sih), autostart (akan menjalankan zoom kalau belum jalan), allow running in background (zoom video akan nyala terus meskipun tidak bisa pindah ke zoom), dan Allow users to select location of application).

Pada tab Prohibited Processes

Pada bagian tersebut, saya mencentang aplikasi Zoom.exe (Windows) dan juga Zoom.us (MacOS). Jika tidak ada dikonfigurasi Anda, bisa ditambahkan sendiri dengan menekan tombol + yang ada di bagian bawah.

Untuk pengaturan lainnya, bisa diabaikan, menyesuaikan dengan pengaturan pada SEB atau sesuai selera. Setelah mengatur opsi tersebut, klik tombol “Save” (simpan) untuk menyimpan perubahan.

Sekarang, ketika Anda membuka SEB, aplikasi Zoom akan langsung dibuka dan dapat digunakan seperti biasa. Jika Anda ingin mengakses fitur lain seperti mengatur suara atau kamera, Anda dapat menggunakan shortcut keyboard yang telah disediakan oleh SEB. Anda dapat melihat daftar shortcut pada menu “Help” (bantuan) di jendela utama SEB.

Demikian panduan untuk menginstal Safe Exam Browser pada komputer Mac atau Windows sehingga aplikasi Zoom tetap dapat berjalan. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here