Tips Perjalanan Jogja – Malang via Jombang

0
1145
Bus Puspa Indah

 

Cara cepat menuju ke malang dari Jogjakarta adalah melalui Jombang, ketimbang Surabaya. Saya belum mengkalkulasi secara detail sih, tetapi rasanya emang lebih cepat via jombang daripada harus ke utara dulu ke Surabaya. Selain harganya lebih murah, waktu yang ditempuh lebih cepat.

Jika menggunakan Bus Eka, maka ongkos yang dibutuhkan dari Jogja menuju Jombang adalah Rp 85 ribu sudah termasuk dengan service makan di rumah makan Duta. Kalo pengen ngirit sih, bisa tanpa service makan, sehingga harga tiket bus menjadi Rp 75 ribu. Pengen ngirit lagi, bisa naik Mira, atau bahkan Sumber Selamat. Tapi yang agak aman sih naik bus Eka, yang meskipun kadang keamanannya juga sedikit dipertanyakan… (Saya pernah kejadian yang tidak mengenakkan dengan bus ini). Untuk masalah kecepatan -dalam artian dengan sedikit ugal-ugalan- Sumber Selamat masih tak terkalahkan. Mungkin.. :DBerapa lama sih perjalanannya? Perjalanan siang hari tentu saja akan memakan waktu yang lebih lama dibandingkan malam hari. Karena pada siang hari, tidak hanya bus besar yang berkeliaran, tetapi juga sepeda motor yang jumlahnya tak terhitung. Pun kendaraan lain dan aktivitas manusia yang banyak dilakukan di jalanan pada siang hari. Pada hari biasa (kamis, saat saya coba melakukan perjalanan siang), perjalanan jogja – jombang sekitar 7,5 jam, termasuk berhenti di rumah makan Duta.

Sampai di Jombang, Anda dapat oper ke bus Puspa Indah menunju Malang. Bus ini mulai beroperasi pada pukul 4 pagi hingga terakhir adalah jam 8 malam. Tetapi, biasanya hanya beroperasi pada pukul setengah 7 malam. Tetapi jika anda tiba di jombang sekitar pukul 6 malam, maka berikut ini adalah tips yang wajib anda baca.

  • Jika tiba sekitar pukul 6 malam, maka anda jangan panik takut kehabisan bus Puspa Indah. Cara yang paling gampang adalah, anda menyampaikan pada kernet bus, bahwa anda ingin turun di Stasiun Jombang, instead of Terminal Jombang. Kenapa? salah satu tempat mangkal bus Puspa Indah adalah di dekat persimpangan kereta api (Jomplangan Sepur dalam bahasa jawanya).
  • Seandainya anda terlanjur turun di terminal, jangan panik juga. Abaikan tukang ojeg yang ada di luar terminal Anda masuk saja ke dalam terminal, dan bertanya pada petugas berseragam. Apakah bus Puspa Indah masih beroperasi pada jam ini.
  • Jika masih banyak orang yang menunggu, mungkin anda masih selamat. Siapa tau pihak bus masih akan beroperasi lagi pada jam tersebut. Ingat bahwa jam terakhir adalah pukul 8.
  • Jika anda terpaksa, maka anda bisa naik ojeg menuju Stasiun Jombang. Yang perlu diingat adalah ongkos naik Ojek. saya sarankan tak lebih dari Rp 15 ribu. Kenapa? karena harga tiket bus Puspa Indah jurusan Jombang Malang dan sebaliknya adalah Rp 21 ribu. Tukang ojeg memaksa dan anda terburu-buru, maka pilihan ada di Anda. Dan cukup tak lebih dari Rp 15 ribu. Sebisa mungkin anda tawar Rp 10 ribu. Kenapa? Tukang Ojek di sana kurang aman dan nyaman dalam melayani penumpang.. *pengalaman siih*
  • Siapkan Uang pas jika anda naik Puspa Indah. Dan persiapkan uang di saku yang mudah diraih daripada mengambil uang di Dompet. Kita tidak tahu dengan siapa kita naik bus tersebut.
  • Jika agan membawa uang yang banyak, masukkan uang tersebut di tempat yang paling aman menurut anda. Bisa di balik celana dalam (Ini serius), atau di bawah kaos kaki anda. Jangan menaruh di kantong atau di dalam tas yang mudah diraih. Masukkan dompet di tempat yang aman.
  • Sebaiknya minimalkan penggunaan Handphone. masukkan ke dalam tas di posisi yang aman.
  • Jika kondisi bus penuh, taruh barang bawaan anda di depan anda. Jika mengenakan ransel, maka taruh ransel di dada anda. Ingat, meletakkan tas di punggung anda, sama dengan menyerahkan barang anda ke ‘pencopet’.
  • Terakhir, berhati-hatilah dalam bus Puspa Indah. Tetap waspada. :D

Begitulah, semoga saran yang saya berikan bermanfaat untuk anda. Jika punya pengalaman mengenai bus ini, berikan komentar Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here