Cara Internetan di Mac Pake Modem USB

2
2111

Informasi sekarang berjalan sangat cepat. Saking cepatnya, kadang kita nggak tahu perkembangan berita kategori tertentu. Saya pun baru tahu kalo di FTP UGM udah menerapkan Uang Kuliah Tunggal mulai tahun 2013 lalu. Lha wong tahun itu saya masih wedakan tepung di Semarang, belum tahu kalo mbayar sekolah di kampus udah sebegitu mahalnya.

Kalo ngenet pake MacBook, orang rata-rata akan berusaha pake wifi ato nyolokin kabel. Kalo punya semartfon, maka bisa mengandalkan hape canggihnya buat nge-tethering agar Mac nya bisa wifian. Kalo punya duit lebih ya, bisa lah nongkrong di Dankin Donat yang selingkaran jajan regane paling nggak wolongewu repes. Kalo anak kos, ya, bisa pake modem. Trus Mac darimana? Sopo ngerti anak kos puasa setahun uange buat beli mac, ato menang undian, ato nemu di jalan, atau kalo Ebes e sugih yo ditukokke Ebes e. Sing penting kan ga nyolong to? ga usah ngece. hahaha..

Ngenet pake modem USB di Mac itu, awalnya bikin frustasi. tapi kemudian kalo udah paham, maka tinggal geser jari di trackpad dan ngeklik gambar telp. udah deh Connected. Udah bisa selantjar, sambil ngawasi berapa lama ngenet e. Sayang e ga ada pemberitahuan udah berapa mega yang kau unduh, dan berapa giga yang kau unggah. kedluduk? yo salahmu.

Cara mengakses internet di Mac pakai modem USB adalah sebagai berikut:Kalo udah punya modem, Alhamdulillah. Tinggal beli perdana, atau isi ulang kredit, dan tancepin ke Mac. Kalo saya sendiri pake modem Huawei E3276 dan make telkomsel buat ngenetnya. Gambarnya ada di bawah ini. Oh ya, Jangan gumun ya kalo keyboardnya ada huruf jepang e. Meskipun tampilan bahasa jepang, tapi layout kalo kepencet tetap layout international..

Mac, Modem, dan perdana
Modem dan perdana yang dipake

Setelah modem ditancapkan ke Mac, maka secara otomatis akan muncul layar yang berisi instaler dari modem. seperti pada postingan cara internetan tanpa wifi, maka kita tinggal mengikuti langkah-langkah yang muncul.

Tapi bagaimana jika terjadi seperti hal di bawah ini? Modemnya sudah diklik connect, tapi internet ga bisa nyambung? Maka perlu konfigurasi modem USB agar bisa connect internet.

Koneksi error
modem konek, internet koit

Jangan panik, inilah guna saya mengetik panjang lebar untuk memberitahu anda.

masuk ke dalam System Preferences yang ada di bawah dock. atau bisa pake spotlight, search system preferences. setelah muncul halaman seperti gambar di bawah, maka segeralah anda search Network Preferences. Kemudian akan muncul tampilan layar baru, yang berisi informasi bagaimana cara anda terhubung ke jaringan. Pada dasarnya, akan muncul tiga pilihan yaitu Wifi, Bluetooth, dan Thunderbolt Bridge dan jika ada iphone maka ditambah lagi iPhone USB. Jika modem telah tertancap, maka klik tanda minus (-) yang ada di pojok kiri bersebelahan dengan tombol plus. Akan ada pilihan seperti gambar di bawah. Pilih HuaweiMobile – Modem (atau sesuai perangkat anda).

Network Preferences, pilih Modem

 

setelah itu akan muncul pengaturan dari modem seperti gambar di bawah. klik dropdown configuration, dan add new untuk menambahkan konfigurasi baru. isi nama terserah. Karena saya mengunakan telkomsel, maka saya beri nama Telkomsel.

Configurasi, isi dengan *99# pada bagian telepon.

Setelah itu, isi kotak telephone number dengan #99* dan biarkan lainnya kosong. Centang “Show modem status di menu bar”. ini berguna untuk mempercepat kita menghubungkan modem dengan internet, sehingga tidak perlu membuka network preference. (dan kusadari, ternyata dialing numbernya ga ngefek) :p

Jika telah diisi, klik tombol Connect, maka secara otomatis akan dialing, connecting, dan authorizing. Jika muncul seperti gambar di bawah, dimana pilihan network akan muncul dot warna hijau dan ada semacam beberapa bar berawarna, maka kita bisa menggunakan mac unutk berselancar.

Connected

Kita bisa menutup layar Network Preferences, dan dapat menuju ke menu bar di atas, dan dapat menggunakan menu tersebut untuk menyambung atau memutuskan koneksi modem.

Menu koneksi Modem USB pada Menu Bar

 

Begitulah cara kita untuk menggunakan perangkat modem USB agar bisa terhubung internet pada MacBook, dengan sistem operasi Yosemite.

 

2 COMMENTS

  1. admin, mohon bantuannya kalau mau pakai cara ini di os el capitan bisa ngga? soalnya saya coba pas klik tanda minus malah ga muncul seperti diatas, atau ada cara lain untuk el capitan. terima kasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here