Cara Konek Internet di Mac tanpa Wi-Fi

0
1552

Iya, agak terdengar jadul sih. Tapi, bagaimana pun juga anak masa kini akan berusaha terhubung internet dengan cara apa pun juga. Demi, Demi, Demi sebuah layanan yang bernama Facebook, atau hanya sekeder bertukar sapa via whatsapp. Meskipun banyak juga yang bertujuan agar Dunia dalam Genggaman.

Komputer canggih masa kini, pasti dilengkapi dengan sebuah perangkat kecil yang memungkinkan untuk terhubung internet melalui Wireless, atau Nirkabel. Dengan teknologi wireless, yang di perangkat akan disebut Wi-Fi, kependekan dari Wireless Fidelity, maka pengguna dapat terhubung tanpa menggunakan kabel yang amat sangat panjang sekali. Masih inget donk, dulu sebelum Wi-Fi terkenal, banyak orang yang menggunakan line telepon rumah (PSTN( yang terhubung dengan dial-up modem dengan kecepatan 56kbps… :( Untungnya, hampir semua perangkat bergerak memiliki fasilitas Wi-Fi, sehingga pengguna dapat terhubung internet jika ada fasilitas Wi-Fi hotspot.

Selain adanya Wi-Fi, khusus di perangkat komputer lipat, terdapat sebuah penghubung, agar kabel internet bisa langsung terhubung. Ini karena di dalam komputer jinjing, atau kita sebut laptop/notebook, terdapat port ethernet agar bisa terhubung dengan jaringan LAN (Local Area Network). Ini sangat berguna jika pengguna bekerja di perkantoran, yang hanya menyediakan fasilitas kabel untuk membuat perangkat saling terhubung tanpa adanya wireless. Konon, kecepatan internet dengan menggunakan kabel LAN ini, lebih cepat daripada wireles…

Namun, semuanya berubah saat negara api menyerang. Komputer jinjing yang kita kenal mendadak mengalami penurunan ketebalan, sehingga muncullah apa yang disebut MacBook Air.

MacBook Air ini merupakan versi MacBook yang lebih tipis, sehingga dapat dengan mudah dibawa kemana pun pengguna inginkan, termasuk ke dalam toilet. Namun, banyak hal yang harus dikorbankan, untuk dapat mencapai produk komputer yang sangat tipis. Yang tersisa adalah dua buah Slot USB, slot untuk adaptor, dan sebuah lightning port.

Bagaimana cara kita konek internet kalau nggak ada wifi tapi ada modem? beginilah caranya..

  • Siapkan modem dengan kartu apapun. jika nggak punya modem, bisa pinjam atau beli.
  • Tancapkan modem, kemudian ikuti petunjuk yang ada seperti pada gambar dibawah. Hingga gambar seperti pada gambar kedua…

 

Setelah selesai menginstal, maka kita akan bisa menggunakan modem tersebut untuk berseluncur di dunia maya, tanpa menggunakan Wi-Fi.

Semoga berhasil. s

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here