Cara menghemat bandwidth di Mac

0
1548
Little Snitch
Little Snitch

Capek,

Lelah,

Lesu,

Bosen,

Pusing,

Ketika anda menggunakan macbook anda untuk berselancar, tapi tagihan internet anda bengkak?

Minum, Bodreks!!

hahahaa… terdengar konyol. tapi ini adalah cara bodoh untuk bisa meluapkan ekspresi ketika saya berhasil menghemat bandwidth dari internet saya.

lha mas, kenapa pusing? pake macbook tapi kok masih main internet pake kuota. makanya, nebeng temen dong…

Wuasyuuu!! iya je. ini saya pake modem wifi dari semartferen, tapi tetap pake kuota. ato kadang kala tethering dari hape saya, dan pake kuota.. saya ndak ngerti gimana caranya agar ada wifi.id di kosan saya.

sudahlah..

saya akan membagikan kepada anda, bagaimana cara menghemat bandwidth di Mac anda. Langkahnya sangat mudah, bisa diikuti hanya sekali liat. itupun kalo anda liatnya ga sambil merem.

1. pertama, instal Little Snitch yang terbaru.

aplikasi ini berguna untuk mengatur lalu lintas akses internet anda. Firewall anda yang bisa anda atur sesuka hati, anda permainkan perasaannya, dan anda gunakan sesuka anda. Download little snitch 3.6 yang sudah support El capitan disini.

2. Kita mulai dengan membuat profile yang baru. Sebut saja MAWAR.. (bukan nama sebenarnya).

Create profile little snitch

Profile ini akan muncul ketika kita akan menghubungkan Mac ke jaringan internet (wifi). Ketikkan MAWAR atau sesuai selera anda.

3. Disable semua aplikasi dengan cara klik kanan, disable.

Klik kanan, disable 3

4. Pilih profile MAWAR kemudian pilih beberapa aplikasi yang anda inginkan. Saya hanya memilih Safari, Firefox, dan beberapa aplikasi. Ingat untuk selalu ngeblok permintaan Little Snitch.

pemlihan aplikasi little snitch

Anda dapat menekan tombol Show atau Hide disable yang ada dipojok kiri atas.

5. Lalu, hubungkan Mac Anda ke Internet. Pihak Little Snitch akan meminta anda untuk memilih aku atau dia profile mana yang akan digunakan.

Turn Off Wifi, nyalakan profile Little Snitch

6. Nyalakan Silent Mode pada Preference. Setelah itu, pilih Deny connection attemps. ini akan mengabaikan semua permintaan sambungan, dan akan menolak permintaan sambungan.
Silent Mode Little Snitch

atau bisa juga dengan cara seperti ini:

Nyalakan silent mode, Deny all connection

7. Selesai

Inti dari Aplikasi Little Snitch ini adalah firewall untuk mac anda. Dia akan bertanya terlebih dahulu, jika ada aplikasi yang menghubungi internet atau mengambil sesuatu dari internet. Dengan pengaturan ini, maka ada beberapa aplikasi penting dari Apple yang tidak dapat terhubung ke jaringan. Beberapa aplikasi mampu menyedot data hingga ratusan megabyte, hingga bergiga-giga. Dengan menggunakan little snitch ini, maka kita hanya mengijinkan penggunaan browser atau bebrapa aplikasi yang kita inginkan.

please use wisely, karena ada beberapa aplikasi penting dari Apple yang tidak mampu keluar. Gunakan hanya bila berada dalam rumah, dengan kuota internet yang terbatas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here