Cara Perpanjang SIM di Malang dengan Mudah dan Murah

7
1076
Sim C yang udah diperpanjang
Sim C yang udah diperpanjang
Sim C yang udah diperpanjang

Apabila SIM anda sudah atau akan habis masa berlakunya, maka alangkah baiknya Anda memperpanjang SIM anda dengan segera.

Salah satu cara yang wajib ditempuh adalah melakukan perpanjangan SIM. Kebetulan, karena saya asli orang Malang, meskipun sudah nggak begitu keliatan orang Malangnya, maka Perpanjangan SIM harus dilakukan di Kota Malang. Saya nggak ngerti kenapa SIM harus dikeluarkan sesuai KTP domisili, padahal SIM berlaku secara Nasional, dan instansi yang mengeluarkan ada di setiap kota. Saya juga heran, kenapa ini disebut Surat Ijin Mengemudi jika bentuknya adalah Kartu. Kenapa bukan Kartu Ijin Mengemudi ya? entahlah.

Cara perpanjang SIM di Malang sangat mudah. Anda tinggal menyediakan gunting, potong jadi dua, dan sambungkan secara horizontal. Setelah itu, SIM anda menjadi tidak berlaku lagi…. Bagaimana cara agar Anda tidak ‘kedhludhuk‘ atau bisa dengan nyaman dan murah?

Sebelum anda memperpanjang SIM C atau A anda, maka perhatikanlah hal-hal berikut ini:

  • Pastikan bahwa Anda berada di Kota yang benar. Jangan sampai anda berKTP kota Malang tapi ngurus di kota Palangkaraya…
  • Pastikan juga Anda tidak melewati batas diperbolehkan memperpanjang SIM. FYI, anda bisa memperpanjang SIM anda 14 hari sebelum masa berlaku habis, dan 3 bulan semenjak masa iddah berlaku SIM Anda habis.
  • Pastikan Anda membawa diri, boleh membawa pacar, teman, sodara, tetangga, istri, suami, asal jangan bawa Istri/Suami/Pacar orang.
  • Pastikan yang akan anda perpanjang adalah SIM anda, bukan SIM istri/suami/pacar Anda, apalagi pacar orang.
  • Pastikan bahwa anda membawa uang yang cukup. Kan ga enak kalo mau bayar mau ngutang. FYI, pihak Polresta tidak menerima transfer via ATM atau Online.
  • Ada yang mau menambahi?

Sebenarnya, cara perpanjang SIM di Malang sangatlah mudah. Syarat-syaratnya adalah membawa:

  1. SIM yang akan anda perpanjang (wajib)
  2. Foto Kopi KTP (dan SIM) (wajib)
  3. Surat Keterangan Sehat (wajib)
  4. Uang sejumlah Rp 75.000 atau Rp 80.000 dibayar Tunai! SAH???! (wajib)
  5. Pulpen (optional, anda bisa pinjem orang lain)
  6. Datang Secara langsung ke Kantor Pelayanan SIM Polresta Malang, Jl. Dr. Wahidin (dekat SMPN 3 Malang)
  7. Kenakan Baju RAPI Berkerah. Kecuali anda ingin foto di SIM dengan Batik yang sama dengan orang lain

Bagaimana cara memperpanjang SIM anda dengan Mudah dan Murah? Rahasianya adalah terletak pada kemauan anda untuk dapat melaksanakan ini. trik-trik ini akan saya bagikan, agar anda bisa dengan cepat mengurus SIM anda.

  1. Perpanjang SIM anda pada hari SABTU. Meskipun antrian lebih banyak, tapi anda bisa sedikit leluasa meluangkan waktu.
  2. H-1, datang ke puskesmas terdekat sebelum jam 10. Registrasi dan periksa ke dokter puskesmas untuk meminta Surat Keterangan Sehat. Biaya yang dikeluarkan adalah Rp 3000 (tergantung puskesmas) + biaya parkir.
  3. H-1, foto kopi KTP dan SIM anda di tempat fotokopian kepercayaan anda. JANGAN Foto kopi di samping Kantor pelayanan SIM Kota Malang. Harganya Rp 1000 perlembar…. –“
  4. pada hari H, datang ke Kantor Pelayanan SIM kota Malang sebelum pukul 07.00 (Sebelum jam itu lebih baik). Karena jumlah pemohon yang dilayani hanya sebanyak 100 orang ( dan 100 orang untuk SIM baru).
  5. Usahakan datang dengan Jalan Kaki, atau bawa sepeda pancal, kecuali rumah anda jauh. Parkirnya Rp 2000 cuy.
  6. Setelah datang di Kantor Pelayanan SIM Kota Malang, segera ikut antrian mengambil no urut masuk. Setelah itu, silakan menunggu dipanggil masuk.
  7. Jika Anda belum membawa Surat Keterangan Sehat, anda bisa melakukan pemeriksaan di Rumah Warna Ijo tempat dokter praktek. Namun, biayanya adalah Rp 20.000 untuk selembar kertas keterangan sehat. BAYAR dengan UANG PAS!
  8. ps: TOLAK (dengan Halus) jika Anda ditawari ASURANSI PT Bhayangkara. apalagi harganya Rp 30.000 dan anda hanya diberi kartu. Jika petugas berkata: Nanti di dalam ditanyai. Maka anda dapat menyanggah dengan berkata: Maaf bu, Perpanjang SIM TIDAK perlu menyertakan Kartu Asuransi!
  9. Anda tidak perlu Mengurus SIM Online atau mengisi data-datanya. Karena petugas akan menginput lagi secara manual. Percuma bukan kita mengisi form sebelum kita datang?

Saya sarankan untuk TIDAK mengurus Surat Keterangan Sehat di dekat Kantor Pelayanan. Apabila anda ikut saran saya, maka anda hanya perlu merogoh kocek sebanyak Rp 78.500 jika mengikuti cara perpanjang SIM di Malang. Tapi jika terpaksa, maka bisa jadi total yang dikeluarkan adalah Rp 127.000. Demikian cara Perpanjang SIM di Malang dengan Mudah dan Murah.

Anda punya pendapat lain? Beri komentar anda..

7 COMMENTS

  1. mas, tolong saya dibantu dengan sangat untuk mutasi SIM dari kota malang ke kabupaten malang proses nya bgmn y….?
    matur nuwunnn.

  2. Kalau bawa surat keterangan dokter dari puskesmas apa tidak ditolak mas? Denger-denger harus dari dokter yang praktek dekat kantor pelayanan sim ya? Mohon jawabannya. Terima kasih

  3. Untuk fotocopy KTP apakah harus berukuran A4, atau boleh yg seukuran KTP? (berkaca pada pengalaman saya mengurus passport yg fotocopy KTP-nya harus berukuran A4, dan akhirnya saya harus fotocopy dengan harga 1000 per lembar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here