Cara hilangkan iklan dengan DNS over HTTPS

0
305

Mau bagaimana lagi, meskipun kadang bloger dan youtuber membutuhkan iklan untuk pemasukannya, tapi tetap, kadang kala terasa mengganggu ketika melihat iklan. Bisa jadi kadang kurang relevan dengan apa yang kita butuhkan atau sedikit mengganggu saat kita asyik menonton youtube di browser.

Bagaimana cara kita memblokir beberapa iklan yang muncul dalam situs? ada beberapa cara yang bisa kita lakukan.

  1. Gunakan Adblocker atau sejenisnya.
  2. Menggunakan DNS over HTTPS.
  3. Kombinasi kedua hal di atas.

mari kita lihat satu persatu

Gunakan Adblocker

Cara yang satu ini merupakan cara yang paling banyak digunakan. Kebetulan, browser yang saya gunakan adalah Firefox dan terbukti merupakan adblock yang cukup baik dalam menghilangkan iklan adalah Adblock Plus. Silakan langsung mengunduh Adblocker di tautan berikut ini, Adblock Plus. Adblock ini gratis dan bisa digunakan.

Anda tinggal mengeklik tombol add to firefox yang ada dalam alamat tersebut.

Apabila ingin tetap melihat iklan yang muncul, atau sekedar ingin memberikan sedikit respek kepada pemilik web, maka Anda bisa mengaktifkan fitur Acceptable Ads yang mengijinkan beberapa iklan untuk ditampilkan, selama tidak menggangu kenyaman Anda dalam mengunjungi web dan membaca artikel. Misalnya adalah iklan yang mungkin hanya muncul di bagian atas header. Keterangan lebih lengkap tertulis di halaman https://adblockplus.org/acceptable-ads.

Menggunakan DNS over HTTPS (DoH)

Apa itu DNS over HTTPS?

Dilansir dari wikipedia, DNS over HTTPS adalah sebuah protokol unutk melakukan resolusi DNS (Domain Name Server) melalui protokol HTTPS. Artinya, ketika kita meminta query dan respons dari DNS akan dikirimkan melalui format yang terenkripsi. Gampangnya, DoH ini ketika digunakan, akan membuat alamat domain yang kita minta ke DNS akan dienkripsi (disandikan) sehingga tidak akan mudah terbaca oleh siapapun kecuali server yang nanti akan mengirimkan respons yang juga terenkripsi. Sehingga, aktivitas kita di internet akan sedikit terlindungi.

Anda bisa mengaktifkan fitur ini di Firefox atau Google Chrome yang sudah disediakan oleh pengembang masing-masing apikasi tersebut. Untuk mengaktifkan, silakan mengikuti petunjuk yang ada di bawah ini.

          1. Buka Firefox Setting (untuk pengguna Mac, Anda bisa menggunakan cmd+, untuk langsung menuju setting). Bisa juga dengan cara mengetikkan alamat ini di Address bar: about:preferences
          2. Ketik network di kotak pencarian. Secara otomatis akan muncul seperti gambar di bawah ini:
          3. Klik tombol Setting yang ada di layar Anda.Terlihat di bagian bawah terdapat kalimat: “Enable DNS over HTTPS”. secara default, yang terdapat di sana adalah Cloudflare.
          4. Pilih kotak custom yang muncul, dan isi dengan https://doh.tiar.app/dns-query
          5. Tekan OK setelah terisi dengan baik.

doh.tiar.app merupakan penyedia DNS Publik yang dikelola oleh Pengelana dengan beberapa fitur sebagai berikut:

  1. Filter: Ad, Ad-tracking and Malware (AdBlock)
  2. DNS 0x20
  3. DNSSEC Validation
  4. No EDNS Client Subnet (ECS)
  5. No logs
  6. Free

Jika kita lihat di point pertama, maka kita bisa menggunakan doh.tiar.app ini sebagai salah satu alat untuk memblokir iklan yang muncul pada browser. Dan apabila dikombinasikan dengan Adblocker Plus, maka kita bisa berselancar di youtube tanpa iklan, tanpa harus berlangganan youtube premium… wkwkkww

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here