Cara instal OJS 3 pada localhost (bagian 1)

0
259

Sebuah pertanyaan muncul dari assesor ketika proses assesmen lapangan untuk akreditasi sebuah program studi. “Pak, mengapa Anda membuat jurnal program studi?”. Jawabannya sederhana ternyata, “Agar skripsi mahasiswa tidak numpuk di perpus aja, sih, Bu…”.

Tidak ada jawaban yang benar, sih sebenarnya. Tergantung tujuan program studi atau organisasi itu sendiri, mengapa harus menerbitkan sebuah atau beberapa jurnal. Ada juga yang bilang seperti ini, “ya, mau bagaimana, membuat jurnal sih lumayan ya, pemasukannya”. Coba cek saja situs ‘ilmulangsung‘ yang sering dikunjungi mahasiswa, berapa APC (Article Processing Charge) atau publication feenya? Dan juga, apakah untuk membaca artikel di dalamnya dapat langsung dilihat atau perlu membayar biaya langganan? Kalau di situs Ilmulangsung, pasti beberapa artikel hanya bisa diakses menggunakan kredensial tertentu, semisal langganan sendiri atau melalui institusi.

aah, skip aja deh. bahasannya ntar ribet. wkwkkw..

Lantas, bagaimana cara kita untuk membuat jurnal sendiri?

Untunglah ada sebuah organisasi yang bernama PKP yang didirikan oleh John Willinsky pada tahun 1998 di Fakultas Pendidikan di UBC, dengan menggunakan anugerah Pacific Press Professorship, yang beliau dedikasikan untuk meningkatkan kualitas penelitian ilmiah dan publik. Organisasi tersebut membuat sebuah sofware bernama Open Journal System yang pertama kali rilis pada tahun 2001. Open Journal System (OJS) ini merupakan software open source yang dirilis dengan menggunakan lisensi Open Source GPL V2, dimana semua orang bebas mengunduh, menggunakan, bahkan memodifikasi software ini tanpa dipungut biaya (sejatinya bahkan sampe menjual versi yang udah diedit pun, boleh-boleh aja. CMIIW). Tujuannya, OJS ini bisa tersedia secara bebas untuk jurnal di seluruh dunia sehingga membuat artikel dalam jurnal bisa diakses secara terbuka (tanpa perlu membayar atau langganan). Anda bisa melihat bagaimana sejarah OJS ini melalui tautan ini, serta mempelajari lebih lanjut mengenai OJS di halaman ini.

Karena dibuat gratis, maka bisa aja Anda menginstal software ini dimana saja yang Anda mau atau menyertakan dalam jasa yang anda jual. Namun, bagaimana jika ingin membuat jurnal sendiri? Apakah saya harus langsung membeli hosting dan domain?

Jika ingin mengeksplore terlebih dahulu, Anda bisa mencoba menginstall di komputer Anda sendiri. Caranya cukup simple sebenarnya. Berikut akan saya buatkan panduan bagaimana Anda menginstall OJS di komputer Anda sendiri.

Bagaimana cara menginstall OJS di komputer sendiri atau localhost?

Pertama yang harus diketahui adalah persyaratn untuk menjalankan OJS. Sesuai dengan petunjuk pada readme.md pada OJS, berikut adalah persyaratan dari OJS:
Recommended server requirements:

* PHP 7.3.x, 7.4.x, or 8.0.x
* MySQL >= 4.1 or PostgreSQL >= 9.5
* Apache >= 1.3.2x or >= 2.0.4x or Microsoft IIS 6
* Operating system: Any OS that supports the above software, including
Linux, BSD, Solaris, Mac OS X, Windows

Terlihat di atas, bahwa ada kata server. Sehingga Anda membutuhkan sebuah server untuk bisa menjalankan OJS. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Paling mudah adalah menggunakan XAMPP!

XAMPP ini merupakan lingkungan pengembangan PHP paling populer karena banyak digunakan dimana-mana. Hal ini karena aplikasi XAMPP ini merupakan distribusi Apache yang sepenuhnya gratis dan mudah dipasang, serta memiliki beberapa aplikasi seperti MariaDB, PHP, dan Perl. Selain itu, apliaksi XAMPP ini sangat mudah untuk dipasang di komputer Anda.

Langkah-langkah instalasi server dengan menggunakan XAMPP di Windows:

  1. Download aplikasi XAMPP melalui link ini atau langsung menuju ke halaman XAMPP.
  2. Install sesuai petunjuk yang tersedia.
  3. Pilih Yes apabila muncul peringatan seperti ini. Artinya, Anda akan mengijinkan untuk menginstal aplikasi ini.
  4. apabila menemui peringatan seperti ini, tinggal klik OK, lalu ikuti petunjuk yang muncul. Klik saja Next
  5. Kemudian, pilih lokasi instal di folder C:\xampp seperti yang muncul di bawah ini
  6. lalu, next lagi. Dan jika muncul layar yang bertuliskan “Learn more about Bitnami for XAMPP”, hilangkan centang. Next.
  7. Jika muncul layar pop up seperti ini, tinggal pilih allow access. Jangan lupa unutk centang bagian Private networks.
  8. Tunggu sampai tombol Finish muncul.
  9. Jalankan XAMPP dan tampilan akan muncul seperti berikut ini:
  10. Jalankan server dengan cara menekan tombol Start pada Apache, MySQL, dan FIlezilla (optional).
  11. Installasi dapat dikatakan berhasil jika Anda bisa mengunjungi http://localhost di browser Anda, setelah menjalankan XAMPP.

Installasi XAMPP selesai dan berhasil. Selanjutnya Anda bisa menuju ke halaman OJS untuk mulai mengunduh Open Journal System.

 

Lanjut ke Part 2 di sini, yaa..

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here