Mengatasi TWS sering diskonek pada MacOS Catalina

0
66

Saya memiliki sebuah TWS yang katanya lumayan bagus untuk harga sekitar 500 ribuan, QCY T13, tapi ternyata sering diskonek kalau dipake di Macbook Air. Sudah mencari ke sana ke mari, tapi tidak menemukan sebuah cara dan alasan, mengapa demikian?

Setelah beberapa hari nyari, bahkan menginstall ToothFairy buat auto connect, nggak menemukan solusi.

Menurut beberapa sumber di sini, di sini, dan di sini, kemungkinan karena adanya interferensi antara koneksi bluetooth dengan wifi pada MacOS ini, penjelasan singkat ada di sini. Jadi, kemungkinan bluetooth itu pake koneksi dengan frekuensi 2.4 GHz yang juga dipake oleh koneksi wifi (Lihat gambar di bawah). Duuh!!

Jadi akibatnya, kadang kalau di mac, sering terputus, bikin masuk angin koneksi TWS kita alias sering diskonek. Bagaimana cara mengatasinya?

Berikut cara memperbaikinya, sesuai dengan panduan dari xbeta, dilansir dari halaman githubnya. Cara yang digunakan dapat memperbaiki gangguan bluetooth dan wifi kita.

1. buka terminal

2. ketikkan perintah ini

sudo defaults write /Library/Preferences/com.apple.airport.bt.plist bluetoothCoexMgmt Hybrid

dan jangan lupa enter, lalu masukkan password.

3. restart.

Penjelasan:

Dan berikut penjelasannya:

Masalah terjadi, dimana  sistem tidak menggunakan mode koeksistensi antara Bluetooth/Airport yang sama untuk BLE seperti yang digunakan untuk BT Classic.

Ceritanya gmn? jika Anda memiliki perangkat BT Classic yang terhubung dan aktif, bug tidak akan muncul kembali (baik untuk perangkat Classic maupun perangkat BLE yang terhubung). Saat perangkat Klasik terputus, repro bug (yaitu semua koneksi BLE juga terputus).

Selanjutnya, saya dapat menemukan referensi di tabel simbol agen konfigurasi Airport ke pengaturan override untuk mode koeksistensi. Jika Anda mengatur mode secara manual seperti di atas ke ‘hybrid’ (mode yang sama yang biasanya digunakan saat perangkat klasik terhubung), bug tidak lagi terjadi.

Semua kredit diberikan kepada William Henderson dari Knock untuk trik ini.

Ada kasus ketika efek yang sama juga dirasakan pada perangkat iOS. Ini beberapa kali terjadi ketika koneksi Core Bluetooth tidak stabil. Terkadang ini dapat menyebabkan koneksi WiFi tidak dapat digunakan. Tetapi sulit untuk mereproduksi, setidaknya saya tidak dapat melakukannya, dan pertanyaan Anda juga tidak menyangkut hal itu.

 

 

sekian.. silakan dicoba..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here