Cara Menjaga Baterai MacBook Air M1 Agar Tetap Awet

Saya memiliki MacBook Air yang saya beli pada akhir tahun 2021. Setelah digunakan dalam waktu yang cukup lama, sekitar 10 bulan pemakaian pada tahun 2022, saya mulai melihat adanya penurunan kapasitas baterai. Saya selalu menggunakan charger saat bekerja di kantor dan hanya menggunakan baterai saat bekerja di luar tanpa charger. Status baterai di Coconut Battery menunjukkan kapasitas baterai sekitar 80%. Ini merupakan penurunan yang cukup signifikan dalam satu tahun terakhir.

Tangkapan layar coconutBattery
Tangkapan layar coconutBattery

Dari gambar di atas, terlihat bahwa baterai saya memiliki kapasitas sebesar 3853 mAh dengan desain kapasitas sebasar 4382 mAh. Desain kapasitas menunjukkan kapasitas maksimal dari baterai pada saat awal mula pembelian MacBook Air. Sehingga, jika kita hitung secara manual, kapasitas baterai saya adalah 87,9% atau dibulatkan menjadi 88%. Kadangkala saya juga heran, perasaan tahun lalu (sekitaran akhir tahun 2022), kapasitas baterai saya turun menjadi 79%. Entah mengapa kok sekarang bisa naik lagi. Oh ya, kapasitas baterai dalam persen ini biasanya dikenal dengan nama Battery Health atau BH dan dikenal luas oleh pengguna iPhone.

Pada dasarnya, battery health pada produk elektronik yang menggunakan baterai ini nggak perlu banyak dirisaukan. Hal yang wajar jika terjadi penurunan persentase pada battery health ini. Yang perlu dirisaukan adalah apabila battery health ini turun dengan signifikan pada pemakaian jangka pendek. Namun, seiring dengan waktu, hal yang wajar bila battery health akan turun. Setelah menyadari masalah ini, saya mencari tahu cara menjaga baterai MacBook Air M1 agar tetap awet. Melalui aplikasi bernama Coconut Battery (yang bisa diunduh dari https://www.coconut-flavour.com/coconutbattery/), saya bisa melihat kondisi baterai dengan lebih rinci. Meskipun Anda juga bisa melihat informasi baterai melalui System Report, terdapat perbedaan antara keduanya. Pada System Report, tertulis bahwa kapasitas baterai saya adalah 82%, sementara Coconut Battery dan aplikasi serupa menunjukkan kapasitas sekitar 88%.

Informasi baterai pada system report MacOS

Bagaimana cara agar baterai macbook tetap terjaga dengan baik? Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk menjaga baterai MacBook Air M1 agar tetap awet:

1. Pantau Kondisi Baterai Secara Berkala

Pertama-tama, penting untuk memantau kondisi baterai Anda secara berkala. Anda dapat melakukannya dengan membuka System Report. Klik logo Apple di pojok kiri atas layar, pilih “About This Mac,” klik “More Info,” dan pilih “Power” di menu sebelah kiri. Ini akan memberikan informasi kesehatan baterai Anda. Cara lain adalah dengna menggunakan coconutBattery untuk mengetahui secara detail kondisi baterai Anda. Namun, jika merasa terlalu banyak aplikasi pada Mac Anda, Anda bisa menggunakan coconutBattery untuk beberapa saat saja. Download dan install jika diperlukan. Meskipun demikian, aplikasi ini cukup ringan dan tidak begitu banyak mengganggu.

2. Batasi Penggunaan Laptop

Salah satu cara terbaik untuk menjaga baterai adalah dengan membatasi penggunaan laptop. Jika memungkinkan, hindari penggunaan berat yang membutuhkan daya baterai tinggi. Ini termasuk menjalankan aplikasi berat seperti video editing atau gaming saat tidak diperlukan hanya menggunakan baterai. Jika ingin menjalankan aplikasi berat, gunakan charger saat menyalakan laptop dan menggunakannya.

3. Pengaturan Charging

Saat bekerja di kantor atau di tempat-tempat dengan akses charger, pastikan untuk menghubungkan MacBook Anda ke charger. Namun, yang penting adalah menghindari pengisian penuh (100%). Cobalah untuk mematikan pengisian saat baterai mencapai sekitar 80%. Ini dapat membantu mengurangi stres pada baterai dan memperpanjang umur pakainya. Panduan untuk meningkatkan umur baterai dapat dilihat di halaman yang disediakan oleh Apple. Dalam kondisi tertentu, misalnya terlalu panas, maka charging akan berhenti saat kapasitas baterai 80% untuk menjaga kesehatan dari baterai.

4. Gunakan Aplikasi Pengaturan Baterai

Untuk mempermudah pengaturan pengisian baterai, Anda bisa menggunakan aplikasi seperti BatFi atau AlDente. Keduanya memiliki versi gratis, namun saya merekomendasikan BatFi karena memiliki tampilan yang lebih baik. Anda dapat mengunduh BatFi dari https://www.micropixels.software/batfi. Namun jika punya banyak uang lebih, Anda bisa menggunakan AlDente versi premium karena memiliki banyak fitur premium.

5. Konfigurasi BatFi

Setelah mengunduh dan menginstal BatFi, Anda dapat mengatur preferensi pengisian baterai. Pilih opsi “automatically manage charging” dan atur persentase maksimum pengisian menjadi 80%. Ini akan memastikan bahwa MacBook Anda tidak terus-menerus terisi hingga 100%. Berikut adalah beberapa pengaturan dari BatFi yang saya gunakan.

 

 

 

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat menjaga baterai MacBook Air M1 Anda agar tetap awet dan memperpanjang umur pakainya. Penting untuk diingat bahwa baterai pada perangkat elektronik selalu mengalami penurunan kapasitas seiring waktu, tetapi dengan perawatan yang tepat, Anda dapat mengurangi penurunan tersebut dan memaksimalkan kinerja baterai Anda. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
x  Powerful Protection for WordPress, from Shield Security
This Site Is Protected By
Shield Security